9 Makanan Populer dan Khas Bali

Image result for sate lilit

Apakah Anda sangat suka melakukan travelling? Buat Anda yang sangat suka pastinya tidak akan lupa untuk menyempatkan waktu Anda untuk mampir ke tempat kuliner khas. Bahkan ini merupakan hal yang sangat wajib saat liburan. Merasakan makanan khas dari tempat yang Anda kunjungi tentunya akan memberikan kesan yang sangat dalam pada diri Anda. Misalnya Anda melakukan liburan di Bali. Anda tentu akan melalui jalanan hanya dengan lurus ke depan. Anda pastinya juga akan mampir ke sebuah tempat makan.

Liburan Anda akan terasa kurang jika Anda tidak mencoba kuliner khasnya. Di Bali, Anda bisa menemukan banyak jenis makanan khas dengan mudah. Dengan makanan yang khas dengan rasa pedasnya, Anda bisa menikmati liburan di Bali secara sempurna. Nah, buat Anda yang mau ke Bali, berikut ini ada 9 makanan populer dan khas di bali yang bisa Anda jadikan referensi kuliner saat ke sana. Dan tentu saja makanan tersebut bisa dimakan oleh semua orang yang berkunjung. Dan makanan khas tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu menjadi referensi makanan khas dari Bali untuk Anda. makanan khas Bali ini sangat terkenal di seluruh Indonesia, bahkan dunia karena Bali menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan asing. Anda tidak boleh ketinggalan makanan satu ini. Dijamin rasanya bakal “maknyus!” di lidah. Bersiaplah menghadapi makanan Bali yang kaya akan rempah dan pedas ini.

Makanan khas Bali ini sangat unik. Pada Ayam Betutu, bumbu makanannya dimasukkan ke bagian dalam perut ayam. Kemudian, dagingnya itu dibungkus dengan daun pisang yang kemudian akan dipanggang menggunakan bara apidari sekam. Dengan metode ini, ayam betutu akan matang hingga 24 jam. Lama sekali, ya. Namun, dengan waktu masak yang lama tersebut kemudian terciptalah makan yang sangat lezat dan nikmat dengan rasa yang gurih, lembut dan pedas. Masakan ini bisa menggunakan bebek juga selain dari ayam.

  1. Nasi Campur Ayam Bali

Masakan selanjutnya yang khas dari Bali adalah nasi campur. Ini merupakan makanan khas Bali yang sangat terkenal. Bisa dikatakan bahwa makanan satu ini merupakan makanan sehari-hari masyarakat Bali. Nasi campur ini biasanya kombinasi dari sate lilit, sayur urap, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali dan lawar ayam. Selain itu, nasi campur ini akan terasa nikmat lagi jika ditambah dengan sambal pedas. Jadi, jika di Jawa Tengah dan Jawa Timur makanan khas Bali ini seperti Nasi Rames dengan berbagai lauk di atas nasi putih.

  1. Sate Lilit

Makanan satu ini sangatlah terkenal. Bukan hanya di Bali, melainkan juga sate lilit sangat populer di seluruh Indonesia. Berbeda dengan sate yang biasanya yangmana dagingnya ditusuk, sate lilit ini dagingnya dililit. Namun sebelum dililit, daging terlebih dahulu akan dicincang sampai halus dan kemudian diramu dengan bumbu khas dari Bali. Setelah persiapannya selesai, daging yang sudah dihaluskan tadi dililitkan di sebuah batang serai ataupun juga bisa dengan menggunakan tangkai bambu.

Saat Anda memakan sate lilit ini, Anda akan merasakan daging yang empuk dan gurih. Anda juga bisa mencium bau batang sate yang menggunakan batang serai yang sedap wanginya. Umumnya sate lilit ini terbuat dari bahan utama daging ayam, ikan tenggiri ataupun juga daging babi. Namun, rasa yang sangat diidolakan dari sate lilit ini adalah dari daging ikan tenggiri.

  1. Lawar Kuwir

Setelah tadi masakan yang menggunakan daging sebagai bahan dasarnya, kini Anda bisa menemukan makanan khas Bali yang berbahan dasar sayur-sayuran. Makanan khas Bali ini adalah Lawar Kuwir. Ini adalah makanan khas Bali yang merupakan perpaduan antara sayuran dan daging cincang yang diramu dengan bumbu yang khas dari Bali. Daging yang biasa digunakan pada makanan ini adalah daging mentog yang sangat difavoritkan oleh masyarakat Bali. Pada penyajiannya, daging mentog yang telah dicincang akan dicampurkan dengan potongan kacang panjang dan kelapa parut yang kemudian dilumuri dengan bumbu Bali.

  1. Rujak Kuah Pindah dan Rujak Bulung

Di Bali, Anda bisa menemui makanan yang sangat khas. Makanan tersebut adalah rujak kuah pindah dan rujak bulung. Di mana khasnya? Makanan satu ini sangat unik, lho. Makanan yang sering ditemui di warung-warung pinggir jalan ini memiliki rasa pedas yang sangat segar. Dan sambal atau kuahnya ini menggunakan kuah pindah yang merupakan ikan laut. Rujak tersebut sangat didominasi dengan mangga yang manis dan menyegarkan. Dan terkadang juga ditambah dengan rumput laut yangmana namanya adalah rujak bulung dengan kuah ikan pindang.

  1. Serombotan

Kemudian ada yang namanya Serombotan. Ini adalah salad atau sayur urap khasnya Bali. Biasanya yang ada pada Serombotan ini adalah sayur-sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, kangkung, buncis, terong bulat dan pare. Dan bumbunya dikenal dengan sebutan Kalas yangmana merupakan sejenis santan yang berisi campuran lengkuas, kunyit tumbuk, bawang merah, bawang putih, kencur dan ketumbar yang dikombinasikan lagi dengan bumbu lainnya seperti bumbu kacang dan juga bumbu pedas.

  1. Tipat Blayag

Ada yang tahu Tipat Blayag? Makanan khas dari Buleleng, Bali ini sangat populer, lho. Bentuknya seperti ketupat berbentuk persegi, namun lebih mirip seperti lontong yang dililit memanjang dengan janur atau daun enau muda. Blayag ini memiliki bumbu yangmana berasal dari olahan tepung beras dan juga campuran dari bumbu khas Bali. Teksturnya tersebut sangat kental seperti santan yang sangat nikmat saat dicampurkan dengan potongan-potongan tipat blayag.

  1. Nasi Jinggo

Yang satu ini pastinya sangat familiar bagi orang-orang yang telah berkunjung ke Bali. Ini merupakan makanan Bali yang sangat murah meriah. Nasi Jinggo merupakan makanan khas Bali yang sangat murah meriah tersebut. Nasi Jinggo ini unik dengan kemasannya yang dibungkus dengan daun pisang. Selain itu, rasa sambalnya pun super pedas sehingga Anda akan merasa sangat nikmat di lidah saat memakannya. Biasanya nasi Jinggo ini dimakan dengan cara dikepal dengan tangan. Dan untuk lauknya umumnya terdiri dari daging ayam suwir, tempe dan mie goreng. Makanan ini seperti halnya nasi kucing yangmana Anda tidak akan merasa kenyang dan  puas jika hanya memakan dengan satu satu bungkus saja.

  1. Nasi Tepeng

Kemudian yang terakhir ada nasi Tepeng. Makanan yang berasal dari Gianyar ini disajikan dalam tekstur nasi yang lembek menyerupai bubur. Nasi ini sangat khas dengan bumbu rempahnya yang khas dari Bali. Dan di atas nasi ini akan disiram dengan Tepeng. Sehingga tampilannya pun akan menarik minat banyak orang. Rasanya pun pedas hingga mampu menggoyang lidah Anda. Biasanya nasi Tepeng ini dilengkapi dengan sayur-sayuran yang berupa kacang panjang, kacang merah, terong, nangka muda, daun kelor dan parutan kelapa dan lauknya berupa telur dan suwiran ayam goreng.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *